Jumat, 19 September 2014

IDE PKM 2014 (Hanny Nurrani)




Assalamu’alaikum wr.wb


Hai sahabat blogger, kembali lagi bersama aku. Kali ini aku ingin mengungkapkan ide PKM.

Ide ini diambil karena aku terinspirasi dari teman-teman yang menderita tuna rungu, jadi begini idenya. Aku ingin membuat alat yang bisa digunakan + bermanfaat untuk orang lain khususnya penyandang tuna rungu (dengan syarat orangnya bisa melihat, dan merasakan sentuhan). Alat ini aku beri nama Bel Getar Warna Warni,  jadi begini prinsip singkatnya bel yang pada umumnya berbunyi jika saklar ditekan oleh tamu akan aku ganti degan lampu/LED yang berkedip pada ritme tertentu. Lampu/LED sebagai indikator yang mana ditempatkan di tempat-tempat yang strategis dimana orang penyandang tuna itu berada. Sudah terbayang sahabat blogger? J jika belum, mari beranjak ke penjelasan berikutnya.
Tapi di ide ini aku ingin menambahkan sensasi lebih. Selain pakai indera melihat, aku ingin memakai indera perasa atau kulit, dengan cara dibuatkan benda yang bisa bergetar bila disentuh. Begini ceritanya :

Jika pada saat yang tidak disengaja orang penyandang tuna rungu sedang sibuk atau tertidur dan tidak sempat atau tidak tau jika lampu yang telah disetting berkedip maka aku punya solusinya, solusinya adalah orang penyandang tuna rungu memakai benda seperti gelang atau cincin (atau benda lain yang dapat dipakai di tubuh) dan pada saat ada tamu yang datang (bel ditekan), gelang atau cincin yang dipakai dapat bergetar dengan ritme tertentu.
Jadi disini aku hanya menggunakan transmitter wireless pada belnya, dan receiver wireless pada gelang atau cincin yang fungsinya bisa menggerakan motor gerak.
Ini ideku, apa idemu? Hehe
Cukup sekian penulisan ide PKM dari aku, maaf jika pemilihan kata yang digunakan berantakan dan kurang berkenan di hati sahabat blogger. Terimakasih J


Wassalamu’alaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar