Sabtu, 07 November 2015

Study Wisata Budaya (Ranyta Asmi X MIPA 3 SMANSEV)

CERITA PERJALANAN STUDY WISATA BUDAYA

KE DAERAH YOGYAKARTA DAN SEKITARNYA

KELAS X SMAN 7 SEMARANG

HARI PERTAMA

Siswa-Siswi SMAN 7 Semarang diwajibkan untuk mengikuti Study Wisata Budaya ke Daerah Jogjakarta dan sekitarnya pada hari Selasa dan Rabu tanggal 20-21 Oktober 2015. Kami berangkat pukul 06.00-07.00 WIB dari SMAN 7 Semarang menggunakan bis pariwisata Putu Wijaya (Bus 1). Diperjalanan kami penghuni bis pariwisata Putu Wijaya merasa senang karena bus kami terasuk bis VIP.
            Tujuan pertama kami yaitu Museum dan Theater Sangiran. Kami menempuh perjalanan kurang lebih 3(tiga) jam dari Semarang. Sesampainya disana pukul 10.00 WIB, kami bertemu dengan rombongan bis lain. Setelah itu, kami mengelilingi Museum Sangiran dan didampingi oleh pemandu wisata yang menjelaskan semua isi (fosil fosil) yang berbeda dari 3 ruangan yang ada di Museum Sangiran. Kami merasa kagum saat melihat fosil-fosil purba yang masih utuh dan tertata rapi di Museum Sangiran. Di Museum Sangiran, kami semua di perlihatkan film yang bertemakan Terbentuknya Kehidupan di Bumi. Setelah kami selesai berkeliling, kami makan bersama di halaman museum. Pukul 13.00 WIB, rombongan study wisata kelas 10  SMAN 7 Semarang melanjutkan perjalanan ke Malioboro...

Pukul 15.30 WIB kami sampai di halaman parkir Malioboro. Sebelum masuk Malioboro, kami harus berjalan kurang lebih 500 meter agar sampai di Malioboro. Setelah sampai, kami dipersilahkan untuk membeli oleh-oleh khas Jogjakarta seperti bakpia patok, asesoris dari kayu, baju serta celana batik, dan lain-lain. Saat mamasuki area jual beli barang, kami senang dengan keramahan si penjual terhadap pembeli. Di Malioboro, kami belajar tentang sistem ekonomi salah satunya yaitu tawar menawar barang. Di Malioboro, kami diberi waktu hingga pukul 17.00 WIB. Setelah itu, kami kembali ke halaman parkir Malioboro guna melanjutkan perjalanan kami yaitu makan malam di Restoran Grafika...

Kami tiba di Restoran Grafika pada pukul 18.00 WIB. Disana kami dipersilahkan untuk berganti pakaian disambung dengan makan malam dan beribadah. Kami diberi waktu 30 menit. Pukul 18.30 WIB kami diwajibkan masuk bis guna melanjutkan perjalanan kami menuju Candi Prambanan...

Di Candi Prambanan, kami tiba Pukul 19.30 WIB. Sebelum memasuki pintu masuk di Candi Prambanan, kami dilatih hidup bersabar dengan cara mengantre. Setelah antre, rombongan dipersilahkan memasuki wilayah Candi Prambanan. Tujuan kami di Candi Prambanan yaitu mengamati Sendratari Ramayana. Sendratari Ramayana dimulai pada pukul 19.45 WIB. Betapa terkejutnya kami akan kerapian letak tempat duduk audien ( penonton ), keindahan sekitar tempat berlangsungnya sendratari yang menghadap langsung ke Candi Prambanan, dan kedamaian situasi serta kondisi saat Sendratari Ramayana tersebut berlangsung. Sendratari Ramayana menceritakan kisah antara Prabu Ramawijaya dan Dewi Shinta yang percintaanya terganggu akibat ulah dari Rahwana. Sendratari Ramayana berlangsung selama kurang lebih 2 jam dan dibagi menjadi 2 episode cerita. Pada pukul 21.30 WIB penari mengakhiri tarian tersebut dengan baik dan kami dipersilahkan untuk foto bersama dengan penari Tari Ramayana. Pukul 22.30 WIB kami diwajibkan kembali ke parkiran guna melanjutkan perjalanan menuju Villa Eden Kaliurang...

HARI KEDUA

Pukul 05.00 WIB kami bersiap diri melakukan aktifitas seperti beribadah, mandi, dan mengecek barang-barang pribadi kami. Pukul 08.00 WIB saatnya kami untuk sarapan pagi dan check out villa. Pukul 09.00 WIB rombongan study wisata melanjutkan perjalanan tujuan pertama menuju Keraton Jogjakarta...

Sesampainya di Kraton Jogjakarta pada pukul 09.20 WIB. Disana kami belajar mengenai arti tanggal dan harian Jawa, barang-barang bersejarah kerajaan, kehidupan keluarga Sultan, kebiasaan hari-hari tertentu yang diwajibkan seluruh masyarakat keraton untuk melaksanakan upacara adat, dan lain-lain. Keindahan sekitar Keraton Jogjakarta salah satunya yaitu terdapatnya dua pohon yang terletak di alun-alun Jogjakarta yang alkisah barang siapa dapat melewati dua pohon tersebut akan di dekatkan jodohnya oleh Tuhan dan di langgengkan kisah percintaannya, dan barang siapa tidak bisa melewati kedua pohon tersebut atau salah arah maka hal buruk menimpanya. Itu hanyalah mitos belaka ya teman-teman -_-. Pukul 10.00 WIB kami telah selesai berkeliling menggunjungi Museum yang ada di dalam keraton. Setelah itu, kami se-rombongan melanjutkan perjalanan menuju Pantai Parangtritis...

Tujuan kedua kami yaitu Pantai Parangtritis. Kami tiba pada pukul 11.30 WIB. Disana kami dihantam oleh hembusan angin yang sangat kuat yang menyebabkan pakaian kami bertebaran wkwk. Pantai Parangtritis mempunyai kisah yaitu kisah Roro Jongrang. Kata orang-orang sih ‘ Pamali ya pakai baju warna hijau masuk daerah Pantai Parangtritis’.
            Kami terkejut akan keindahan pantai dan kebersihan pasir pantainya. Masing-masing kelas berkumpul dan menyibukkan diri untuk berfoto ria wkwk. Itulah arti kebersamaan hehe. Sayang sekali, kami di Pantai Parangtritis pada siang hari yang akibatnya kami tidak dapat melihat sunset. Pada pukul 14.00 WIB kami diwajibkan kembali ke bis masing-masing guna melanjutkan perjalanan menuju pusat Oleh-oleh Jogjakarta. Pukul 15.30 WIB kami telah tiba di pusat Oleh-oleh Jogjakarta. Disana kami bebas memilih buah tangan sesuai keinginan hati. Kami diberi waktu sampai pukul 17.00 WIB.  Setelah berbelanja, kami melanjutkan perjalanan menuju Semarang..

Tiba di Semarang tepatnya SMAN 7 Semarang kurang lebih pukul 19.30 WIB. Setelah tiba di Semarang, kami melanjutkan perjalanan masing-masing menuju rumah tercinta dengan selamat hehe.
            Ini ceritaku, mana ceritamu ?

***

Rabu, 01 Oktober 2014

Binary Code Decimal (BCD)